Minggu, 20 Februari 2011

PERSIB vs Aryan Gymkhana (India)


1952: PERSIB vs Aryan Gymkhana (India) 


Sebagai bobotoh yang senang membaca sejarah Persib tentu tahu tentang pertandingan Persib melawan Aryan Gymkhana (India). Pertandingan itu disebut-sebut sebagai pertandingan internasional pertama untuk Persib. Dalam catatan sejarah itu pula disebutkan bahwa pertandingan tersebut berlangsung pada tahun 1954.
Apakah benar bahwa pertandingan Persib vs Aryan Gymkhana berlangsung pada 1954? Ternyata, berdasarkan hasil penelusuran data, pertandingan itu berlangsung pada 1952. Pada bulan Mei 1952, tim dari wilayah India Selatan ini berkunjung ke Indonesia. Di Indonesia, tidak kurang dari 4 pertandingan digelar, yaitu 3 di Jakarta (melawan UMS Jakarta, Persija, dan timnas Indonesia) serta sekali di Bandung (melawan Persib).
Setelah mencatat 2 kali menang dan sekali seri, Aryan Gymkhana ditantang Persib di Stadion SIDOLIG (Bandung). Hasilnya, tampaknya “samar”. Secara implisit, Persib bermain imbang dengan Aryan Gymkhana. Namun, satu kata kunci yang penting ialah bahwa kekuatan “napas kuda” Aryan Gymkhana dapat ditandingi Persib. Hal itu berbeda ketika melawan UMS Jakarta (anggota Persija), Persija, dan timnas Indonesia yang tampak “ngos-ngos-an”.
Aryan Gymkhana merupakan tim gabungan angkatan perang/kepolisian. Tim yang pemainnya rata-rata 28-33 tahun terdiri dari sebagian besar pedagang, sebagian kecil buruh, dan beberapa pemain dari polisi negara. Pemain tertua, Najundah (penyerang tengah berumur 38 tahun) dan pemain termuda, Ramiah (kiri luar berumur 20 tahun). Ke Indonesia, mereka dibawa manajer tim Murthy.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan cuma baca aja lur.. koment atuh
LAWAN DAN HANCURKAN